well that was the initial plan, but apparently this become a scattered space of my inconsistent ramble and incoherent mumble. I write my heart out, I throw my anger and frustation, I jotted my hopes and dreams, I record my random thoughts here

August 22, 2008

Merbabu

Temaaaan!!!

Hari sabtu lalu saya ke Merbabu looowwh.. duh ceritanya panjang skali.. mulai dari brangkat sampe balik.. huhuhu..

Jadi gini, pas hari sabtu, jam 9 pagi kita berangkat dari Jakal menuju stasiun bus yg akan membawa kita ke Kopeng, salah satu climbing pointnya. Turun bus sekitar jam 12 trus kita makan2 dulu, minum2 dulu, akhirnya jam 1 baru mulai jalan naik.. awal2 jalannya masih aspal yg menajak gitu.. lama2 berubah dari jalan batu.. tapi masih ada kendaraan gitu.. jadi ada pendaki yang naik pake sepeda motor ato angkot.. sementara gw ama temen2 gw BERJALAN KAKI, dan gw hanya memandang dengan iri.. oiya, gw ber-4 ama temen2 gw.. ada Bocor, yg jalannya kayak kuda (riang gembira dan loncat sana sini ga normal seolah2 stok energynya tuh ga abis2), trus ada Herlambang, temennya Bocor, trus ada Wazi (bukan wiza lowh!) yg mengetahui rute2 merbabu like he know his own backyard dan filosofis skali.. dia tuh berjalan dengan tenang ga gitu cepet, tapi terus.. uda gitu, suka ga berjalan di path gitu.. ntah di rumput, ntah di semak2, dia jalan seenak2 hati (udah cuma pake sendal jepit doang!!) dan udah nyampe atas duluan ntah gimana caranya..jadi klo ditanya: ga cape apa? jawabannya tuh: capenya jangan dibawa.. ato ga kedigninan apa? jawabannya bakal: dinginnya jgn dirasa2.. huhuhu.. nih orang!!

Ok, ok.. jadi kita berjalan menanjak di jalan aspal semudia berbatu2 itu hampir dua jam. sekitar
jam 3an gitu kita nyampe di Base camp satu.. dari situ jalannya mulai seperti trek naik gunung, setapak menanjak.. Nah, berhubung si Wazi ini sangat mengetahui rute2 di Merbabu, dia milih jalan yg ga banyak pendaki lain.. jadilah kita berjalan di trek yg CUMA KITA DOANG yg lewat disaat itu, padahal banyak pendaki lain yg lagi naik juga.. tapi cuma kedengaran suaranya aja.. ga keliatan orangnya..hehe.. setelah nanjak yg buat gw berasa jauh banget dan ga nyampe2, gw mulai resah dan lapar.. jadi kita bentar2 berhenti krn gw cape dan haus.. Di salah satu point perhentian kita itu.. gw ceroboh naro tas.. akhirnya.. tas gw gelinding.. HUAAA!!! gw panik bgt!! jauh lagi ngegelindingnya!! ngebayangin harus turun dan ngutip tas itu bikin gw mo nangis!! huhuhu.. untungnya ada Bocor dan Wazi yg dengan sigap langsung turun dan ngambil tas itu buat ge.. hehehe.. saya hanya mampu menonton mereka turun kebawah dan naik laghi dengan tas gw di tangannya. hehehe..

Setelah accident tas, kita jalan lagi.. rasanya jauh bgt, ngelewatin hutan dan padang rumput gitu.. gw kelaparan.. dan mulai banyak bacot.. mereka terus nyemangatin gw dengan bilang, pos dua ga jauh lagi koq! deket air terjun! nanti disana ada yg jual gorengan.. enak deh.. kita bisa masak indomi terus makan gorengan terus minum banyak2.. hehe.. jadilah kita jalan lagi.. tapi krn gw laper skali, akhirnya kita berhenti dan ngaso.. makan kacang dan permen jahe.. biar anget.. dingin soalnya digunung ituh.. setelah selesai acara ngacangnya kita jalan lagi.. samapi lah di punggung bukit yg kita naikin dari tadi, terlihatlah gunung Merbabu, trus temen gw bilang: ITU DIA PUNCAK MERBABU!! sambil nunjuk ke gunung sebelah.. gw langsung pucet.. anjrit.. jadi menyentuh gunung merbabu pun BELOOOOM!! hadoooh.. temen gw langsung buru2 meralat.. nanti ada jembatan koq dari bukit ini ke gunung itu.. *dalam hati gw mikir, mana ada jembatan ngubungin gunung spt ini di Indonesia?! tapi gw mencoba menghibur diri dengan percaya* Malam pun turun dan kita belom mendengar air terjun ato apapun yg menandakan pos dua udah deket.. makin dingin dan jalannya makin susah.. menanjak lewat jalan berpasir halus yg rada licin dan batu2 yg harus dipanjat.. gw pengen nangis.. cape bgt gw.. kapan nyampenya.. hiks hiks hiks.. malem makin gelap dan gw makin cape.. pos dua belum juga keliatan.. temen2 gw terus membujuk2 gw yg makin banyak bacot.. katanya 15 menit lg,. 15 menit lg.. 15 menit lg.. ga habis2 15 menit itu.. kita ngelewatin jalan yg sepi dan hampir tertutup semak2.. kebayang dong, udah malem tuh, cahayanya cuma dari senter, trus jalannya susah gitu, semak2 setinggi bahu lo.. ditambah gw membayangkan cerita2 seram yg terjadi di gunung2 di Indonesia.. yg orang2 ilanglah, nyasar lah muter2 disitu2 aja, jatoh lah, dan sebagainya.. makin panik lah gw!! berulang2 gw tanya temen gw, kita ga nyasar kaaaan?? beneran nih kitsa di jalur yg bener?? dan temen2 gw pun dengan sangat sabar menenangkan gw.. iya.. kita ga nyasar.. jalan aj.. kita bentar lg nyampe.. trus kita makan.. gitu terus.. sampe setelah satu tikungan, gw melihat api unggun bersinar dikejauhan.. sumpah..THAT WAS THE MOST BEAUTIFUL THINGS I SAW hari itu..gw langsung bersemangat lg.. hehehe..

sampe ke pos dua, gw bener2 kedinginan.. jadilah gw nangkring di sekitar api unggun bersama pendaki2 lain sementara the boys do the cooking.. hehe.. trus kita makan and have a cup of tea and relax, and i felt so much better already..jadi gw bertanya, kita ga gelar tenda?lalu Wazi bertanya: wiz, mo dapet sunrise ga? dan gw dengan bodoh mengangguk. dikepala gw, klo mo dapet sunrise, kita bakal camp disitu dan brangkat lg jam 2pagi gitu, TERNYATA saya salah. kita harus jalan lagi.. huhhu.. jadilah the boys (again) do the packing dan setelah siap kita say goodbye ama para pendaki yg masih nongkrong disitu dan kita naik lagi.. gw berhenti hampir tiap menit, trying to catch my breath yg uda tinggal satu satu.. terus terus terus.. kaki gw mulai sakit, pala gw mulai pusing, nafas makin susah..ampe gw bener2 bentar2 brenti.. mereka trus nyemangatin bilang kita camp di heli pad, bagus bgt, bangun langsung sunrise, dsb dsb .. sampe disatu titik gw bilang ga sanggup lg.. akhirnya kyknya mereka ga tega mem-push gw lagi, jadinya mereka gelar tenda di bagian yg rada datar yg mereka temukan.. (its a step climb, you know!) oh ya, sepanjang malam, buloan tuh bersinar dengan amat sangat cerah! bulat bgt dan langitnya penuh bintang ditambah angin yg kenceng bgt meniup awan diatas sana jd kyk ada invisible turbulence yg menggerakkan awan yg menari2 gitu.. keren bgt! but i was too tired to enjoy the beautiful scenery..

Setelah tenda berdiri, gw langsung masuk dan meringkuk, gw uda pake kaos + sweater handuk + sweater rajutan dari wol + jaket waterproof dan masih kedinginan! celananya juga dua lapis tamabah kaos kaki dua lapis, masih juga.. the boys slept outside the tent, inside their sleeping bag.. while i am cooconed inside my sleeping bag, inside the tent and still feel cold.. huhuhu..tengah malem gw terbangun, perlu pipis.. pas gw keluar tenda, angin bertiup kencang dimuka gw.. dinggggiiiiiinn bgt!! pas gw mendongak, gw liat bintang bertaburan dilangit yg cerah bgt.. dan gw liat bulan.. sabit.. gw bingung.. bukannya sebelum tidur bulannya penuh? apa gw berhalusinasi? aneh bgt.. berfikir.. berfikir.. tapi kyknya otak gw beku di suhu segini.. jadi gw memutuskan, bodo amat lah. masuk dlm tenda.. semept kepikir mo motret, tapi berhubung ga bawa tripod.. dan terlalu dingin di luar.. gw terlalu malas untuk mencoba.. sekarang nyesel sih.. tapi sudahlah.. *berhubung gw masih penasaran ttg bulan sabit itu, gw meng-google dan gw temukan klo itu adalah GERHANA BULAN yg gw liat.. huhuhu..* dan gw bobo lg..dengan lullaby dari suara orang ngorok diluar tenda.. gw heran gmn mereka bs sepules itu di udara luar yg begitu dingin..

Pagi2, temen2 gw uda berisik, sunruse! sunrise! gw baru bergerak mo bangun dan ikut sampe salah satu dari mereka bilang, udah, kmu liat sunrise dari komputer ajah!! ntar ga keburu klo kmu ikut! huhuhuhuhu..ya sudah gw nurut, daripada di omelin lebih panjang, krn td mlm gw uda ngeluh byk bgt.. setelah mereka balik dari motret sunrise, gw nunggu mereka ngeluarin kompor dan masak.. but nobody did.. dan gw mulai lapar lg.. jadilah gw ngeluarin persenjataan gw, Ritz, Oreo, Tuna, Keju, dan Susu Ultra!! hehehe.. setelah sarapan mereka packing tenda dan kita mulai jalan lg.. gw kira puncak uda deket, jadi rada semangat.. sampe Heli Pad yg dimaksud (tempat liat sunrise td) terlihatlah puncak merbabu (at least yg gw kira puncak) yg terlihat tinggi menjulang.. rada pucet membayangkan harus naik lg, tapi tanggung. sudahlah. Jadilah Wazi yg memimpin, tau2 dia millih jalan turunan, gw panik lagi, loh, yg itu bukan puncaknya? koq kita jalannya turun *gw panik membayangkan klo turun ntar naiknya jadi banyak lg!!* trus Herlambang dengan tenang bilang.. kita ambil air dulu.. *btw, lupa dijelaskan klo di pos dua gw ga melihat air terjun, yg ada pipa2 yg bocorannya ditampung buat minum* puncaknya lebih deket dari sini koq.. Oh.. gitu ya? ya sudah gw nurut lagi.. jadi kita lewat lereng2 gitu.. tercium bau belerang.. trus ketemu bocoran pipa lg dimana wazi cuci muka dan sikat gigi, trus bocor boker ga jauh dari situ dan gw sibuk motret eidelweis.. *gw ga metik loh!! beneran!!* setelah selesai ngisi air dsb kita jalan lagi, kali ini mulai menanjak lg, dan gw mulai ngos2an lg, trus herlamabang nunjuk ke salah satu point yg tinggi diatas sana: Liat bendera merah putih itu? itu dia puncaknya. uda keliatan kan? ayo semangat!! trus bocor nambahin: ada yg jualan es buah loh di puncak! ayo semangat! * gw hampir percaya klo ga ditambahin; ada starbucks juga..* sial..

dengan susah payah sampai juga kita ke puncak yg dimaksud.. trus gw bertanya.. katanya dari puncak Merbabu bisa ngeliat Merapi? Mana....? mereka senyum ajah, klo mo liat Merapi harus ke puncak yg itu!! sambil nunjuk puncak satu lg. *Aduh..* maka kita berjalan lagi.. dan gw merasa lapar.. jadi gw lapor.. laper.. laper.. huhhu..jadilah gw di iming2in, ayo terus! nanti kita masak dipuncak! aduh enak bgt makan sambil mandangin Merapi.. rasanya ga ada duanya!! iya deh, iya deh.. jalan lagi.. setelah sampe gw nanya lg, mana merapinya? dijawab, bukan puncak yg ini, tapi yg itu! sambil nunjuk lg. *sial!! terus aja gitu!!! gw mulai mengutuk2 dalam hati* trik ini terus diulang2 sampe kita mencapai salah satu puncak yg kaki Merapinya keliatan, KAKINYA DOANG!! huhuhuhu.. akhirnya Herlambang nunjuk atas lg, itu dia puncak yg sebenarnya.. daritadi cuma puncak tipuan belaka..huahuahua.. mo nangis lg gw.. tinggi bgt.. gmn caranya gw bs kesitu? gw ngeliat pendaki2 yg naik dan turun nempelin badannya di batu supaya ga jatoh *mereka gendong tas dan ga pake tali pengaman lowh!!* makin gw pucet.. tapi ngebayangin uda cape bgt jalan jauuuuh tapi ga dapet foto Merapi dari puncak Merbabu? duuuuh.. sayang bgt.. akhirnya gw memaksakan diri naik.. selangkah, dua langkah.. aduh,, jauhnya.. debunya bertiup2 masuk mata lg.. dingin.. kering.. hiks hiks.. dikit lg.. dikit lg.. dan akhirnya HUP! puncak!

HOREEEEEEEEEEEEEEEE!!!!! gw sampe puncaaaaaakkkkkk!!!!!!! pas 17 agustusssss!! bangga sekali rasanya!!! huehhehhehe.. gw langsung nyari tempat yg paling byk sinar mataharinya dan berjemur! mencoba menaklukkan rasa dingin.. hehehe.. menunggu the boys ngeluarin perangkat masaknya.. mereka juga diam saja.. bersantai dan menikmati pemandangan.. setelah beberapa lama ga da tanda2 mereka mo masak, gw nanya.. ga jadi masak? gw lapeeeer..dijawab, ntar aja.. rada bawah.. biar adem.. kita kepanasan.. huuuu.. iya deh,, aku nurut.. ngemil oreo dulu, buat ganjel.. hehe.. setelah ada2 setengah jam kita mulai turun.. lewat jalur yg beda, yg bakal keluar di selo.. jadi ga balik ke kopeng tempat kita naik kmaren..jalurnya sih indah.. savannah gitu.. warnanya juga keren bgt..ijo kekuningan dengan langit yg sangaaaat biru.. tapi terlalu lapar untuk ngeluarin kamera dan jepret2.. pas turun gw jatoh melulu, akhirnya gw memilih ngesot sejauh gw bisa.. dan jalan secukupnya, jadi setiap gw jatoh.. gw bakal melanjutkan dengan ngesot kebawah.. hehehe..pas sampe di pepohonan yg ditunjuk, kyk eidelweis garden gitu, the boys mengeluarkan peralatan masak dan berniat masak 5 indomie, trus gw bersikeras mereka harus masak setidaknya 6, karena gw amat sangat lapar.. mereka menatap.. tapi ttp masak 6 bungkus juga.. airnya mulai menipis.. trus gw nanya ttg cuci tgn, krn tangan gw kotor bgt abis merosot.. dijawab; mo cuci tangan apa minum? airnya tinggal seperempat botol.. huu.. jadilah gw ga cuci tangan.. trus sendok yg dipake juga kena tanah!! ama mereka diaduk aja terus ama indomi dan dimakan.. gw ga bisa berkata apa2 dan ikut makan juga..laper, mo gmn lg?

abis makan..sekitar jam 2an kita berjalan lagi menyusuri savannah dan jalan terus kebawah *jgn lupa, masih ada beberapa bukit yg dilewati* perjalanan terasa panjaaaang dan endless.. tapi ga seberat naiknya.. so its still ok for me..ngelewatin savannah yg kyk di film teletubbies.. teruus.. mulai memasuki semak belukar.. hutan rimba.. sampe akhirnya!!! PERKAMPUNGAN!! begitu nyampe basecamp selo, gw langsung nenggak segelas teh panas dan mencoba nelfon adek gw si ity, mengabarkan gw ga bs pulang hari itu.. krn uda gelas pas kita nyampe base camp dan ga da lg angkutan ke jogja..akhirnya nginepn satu malem di base camp dan besoknya brangkat pulang deeeeh.. hehe..

3 comments:

coin-operated daj said...

damn.
failed to fully understand ur trip story la darl.
indo words is confusin.

by th by check out my new blog.

dropdeaddaj.blogspot


perhaps that dajjal url can be transfer to this site. :)

dara said...

ngeroptin lo...dasar!

wiza said...

got that sir. will transfer the url. gagaga